Jumat, 28 Oktober 2016

apakah psikologi itu?

Apakah Psikologi Itu? Berdasarkan bahasa, psikologi terdiri dua kata yang berasal dari Yunani, psyche (jiwa) dan logos (ilmu). Jadi secara simpel, psikologi adalah ilmu mengenai jiwa.
Suatu ilmu disebut sains hanya jika dipelajari dengan kenyataan. Jiwa itu sendiri tidak bisa diobservasi secara langsung. Oleh karena itu, definisi  psikologi diperluas menjadi ilmu pengetahuan yang mempelajari pikiran dan perilaku manusia secara ilmiah.

Psikologi dapat dikatakan sebagai ilmu karena memiliki ciri - ciri ilmu yaitu Teoritis, logis, empiris, dan metodis.
 
Apa perbedaan Baik dan Benar?
Kebenaran dapat berlaku Universal bisa juga berbeda. untuk memahami kebenaran langkah awalnya yaitu harus memahami konteks kebudayaan, karena benar di tempat A belum tentu benar di tempat B.
contohnya jika kita bersendawa, mungkin di sebagian tempat di indonesia akan mengartikannya sebagai rasa menghargai kepada orang yang telah memasak makanan tersebut atau secara tidak langsung kita berterimakasih kepada orang yang sudah memasak makanan tersebut. tetapi bagi orang Jepang bersendawa ditempat umum sangatlah tidak sopan. jadi menurut saya baik dan benar itu berlaku tergantung pada lingkungan kita.
untuk menjadi baik dan benar sebaiknya kita belajar tentang teori motivasi. baik dan benar juga harus diselaraskan dan tidak bisa dipisahkan agar tidak menjadi kesalahan.
untuk menyelaraskan baik dan benar yaitu terutama kita harus memahami etika yang berlaku untuk dapat melakukan etiket.

etika artinya adalah timbul dari kebiasaan, sedangkan etiket adalah suatu sikap yang mengatur hubungan antar kelompok manusia dalam pergaulan. sumber : http://apaperbedaan.com/etika-dan-etiket/

Jadi Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang prilaku manusia yang didapatkan berdasarkan data yang benar .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar