Jumat, 14 Oktober 2016

KEBERAGAMAN

KEBERAGAMAN

Disini saya akan membahas tentang keberagaman, karena pada dasarnya manusia memiliki kepribadian yang berbeda antara satu dengan yang lain. keberagaman tersebut mempengaruhi prilaku setiap manusia. ada 4 kategori yang dapat mempengaruhi kepribadian manusia, yaitu :
 
1.Energy
Setiap indivudu memiliki perbedaan dan cara untuk mendapatkan energi pada dirinya. ada dua tipe , yaitu :
-Introvert, yaitu orang yang mendapatkan energi pada saat sendirian. orang yang tergolong introvert biasanya dia lebih suka menyendiri, tidak suka dengan keramaian, dan lebih banyak berdiam.
-Ekstrovert, yaitu orang yang mendapatkan energi apabila orang tersebut berada di tempat keramaian. biasanya orang yang tergolong ekstrovert lebih suka berkumpul dengan teman, lebih sering berbicara, dan dia akan merasa jenuh apabila berada ditempat yang sepi dan sendirian.

2.Information
cara seseorang menerima informasi juga dapat mempengaruhi kepribadian orang tersebut. terdapat dua tipe, yaitu :
-Sensing, merupakan orang yang menerima dan memberikan informasi dengan alat indera, biasanya orang yang tergolong sensing saat menerima dan memberikan informasi lebih sesuai dengan kenyataannya, atau dengan apa yang pernah dia lihat, dia rasakan, dia dengar, dll.
-Intuising, merupakan orang yang menerima dan memberikan informasi dengan perasaannya. biasanya orang yang tergolong intuising lebih menggunakan perasaan untuk menerima dan memberikan informasi, dia menjelaskan tentang kenyamanan, kesunyian, atau apapun yang menggunakan perasaan tanpa menggunakan alat indera.

3.Discuss Making
Discuss Making merupakan bagaimana cara seseorang menanggapi suatu masalah. ada dua tipe manusia dalam menanggapi masalah, yaitu :
-Feeling, merupakan orang yang menanggapi masalah menggunakan emosi.
-Thinking, merupakan orang yang menanggapi masalah dengan akal dan logika. 

4.Workstyle
Workstyle, merupakan bagaimana seseorang yang berkomitmen saat terjadi perubahan yang mendadak, dihari yang sama, dan dia bingung harus memilih yang mana.
ada dua tipe pada workstyle, yaitu :
Judging, yaitu orang yang mempunyai komitmen untuk menepati janjinya yang sudah ia buat dan menunda hal yang sekiranya tidak lebih penting dari janji tersebut.
Preceiving, yaitu orang yang menerima perubahan tersebut, lebih memilih rencana yang sudah ia bikin sebelumnya, dan mengabaikan janjinya .

keempat kategori tersebut dapat mempengaruhi kepribadian manusia. sehingga jika kita tau kepribadian diri sendiri maka kita pun akan dapat mengenali siapa sebenarnya diri kita dan apa pekerjaan yang cocok untuk kita.
dan dengan adanya keberagaman pada manusia, seharusnya kita dapat saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar