Kamis, 06 Oktober 2016

Indonesia Cerdas

Indonesia Cerdas

Disini saya akan membahas tentang Indonesia Cerdas. kita sebagai masyarakat indonesia pasti ingin menjadikan negara ini sebagai negara yang cerdas. negara cerdas yang dimaksud adalah kualitas dari masyarakatnya harus cerdas dan mampu bersaing dengan warga negara asing di tingkat internasional. untuk membangun Indonesia cerdas tentu tidak mudah, ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti :

1. Nilai - Nilai  Pancasila
Nilai - nilai pancasila merupakan makna dari isi pancasila, mulai dari sila pertama sampai sila yang kelima. Untuk membangun Indonesia Cerdas tentu kita harus mengamalkan nilai - nilai pancasila pada kehidupan sehari - hari. Mungkin semua sudah memahami bahwa Pancasila merupakan dasar negara Indonesia, tetapi masih banyak yang belum memahami nilai - nilai yang terdapat pada Pancasila. sehingga banyak individu ataupun kelompok yang menyimpang dari nilai - nilai pancasila.

2. Toleransi
Toleransi adalah membiarkan orang lain berpendapat lain, melakukan hal yang tidak sependapat dengan kita tanpa kita ganggu ataupun intimidasi, tetapi tetap memperhatikan nilai kemanusiaan. istilah dalam konteks sosial, budaya, dan agama yang berarti sikap dan perbuatan yang melarang adanya diskriminasi terhadap kelompok - kelompok yang berbeda atau tidak dapat diterima oleh mayoritas dalam suatu masyarakat. Sumber: wikipedia
maka dari itu kita harus saling toleransi, karena Indonesia sangat luas, mempunyai banyak suku, dan agama. sikap toleransi akan menciptakan Bhinneka Tunggal Ika, sehingga semua masyarakat indonesia bersatu dan mencapai Indonesia yang cerdas.

3. Independence (kemerdekaan)
Jika dua hal diatas sudah dilakukan, maka Indonesia akan menjadi negara merdeka yang sesungguhnya. apa itu merdeka yang sesungguhnya? mungkin sebagian orang mengira bahwa merdeka adalah bebas dari penjajah. tetapi menurut saya merdeka yang sesungguhnya adalah negara yang sudah mandiri, negara yang mandiri adalah negara yang mempunyai kebebasan tetapi tidak melupakan tanggung jawab. 

Maka dari itu untuk menciptakan Indonesia Cerdas masyarakat indonesia harus memahami nilai - nilai pancasila, memberikan toleransi kepada masyarakat yang lain, dan membangun Indonesia yang mandiri. agar negara Indonesia menjadi negara yang merdeka dengan sesungguhnya dan terciptalah Indonesia yang Cerdas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar