Jumat, 30 September 2016

Garuda Pancasila

Assalamualaikum,

saya akan membahas tentang lagu Garuda Pancasila. Saat saya masih sekolah saya sering menyanyikan lagu Garuda Pancasila pada upacara di sekolah. Hampir setiap masyarakat Indonesia hafal dengan lirik lagu Garuda Pancasila, tapi apakah masyarakat Indoneisa sudah memahami makna yang ada di dalam lagu tersebut?

Garuda Pancasila merupakan lagu wajib nasional Indonesia yang diciptakan oleh Sudharnoto. Lirik lagu ini berisi tentang kesetiaan segenap rakyat Indonesia kepada pancasila sebagai satu - satunya ideologi atau falsafah bangsa Indonesia . Sumber: wikipedia.

Menurut saya pribadi lagu Garuda Pancasila memiliki makna bahwa pancasila merupakan dasar negara dan sebagai pribadi bangsa, serta perjuangan masyarakat Indonesia untuk mencapai Indonesia yang adil, makmur dan sentosa secara menyeluruh.

"garuda pancasila"
"akulah pendukungmu"
"patriot proklamasi"
"sedia berkorban untukmu"
dalam lirik tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa kita semua, dan termasuk pahlawan bangsa yang rela berkorban dan berjuang untuk Indonesia yang lebih maju.

"pancasila dasar negara"
"rakyat adil makmur sentosa"
dalam lirik tersebut saya berpendapat bahwa pancasila adalah dasar negara Indonesia. dan kita masyarakat Indonesia sama sama berjuang demi menciptakan keadilan, kemakmuran, dan kesejahteraan yang merata bagi seluruh rakyat indonesia.

"Pribadi bangsaku"
"ayo maju maju"
"ayo maju maju"
"ayo maju ..maju"
masyarakat indonesia memiliki pribadi yang ramah, tidak mudah menyerah, dan cerdas. mari sama sama kita membangun negeri ini dengan segala kemampuan kita di bidang apapun. indonesia harus bisa lebih maju dari sebelumnya.

mulai sekarang sebaiknya kita tidak hanya menghafal lirik lagu wajib indonesia, tetapi juga harus mengetahui makna di dalam lagu tersebut. dan tidak lupa untuk menerapkan makna tersebut ke dalam kehidupan sehari - hari kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar